Jumat, 30 Oktober 2015

Trip ke pulau-pulau bersejarah di kepulauan seribu : Pulau Kelor, Cipir dan Onrust


Sepertinya di internet udah banyak travelling vendor yang nawarin trip wisata ke tiga pulau ini. saya pun saat itu tertarik karena ga sengaja di internet ( lebih tepatnya di FB ) nemu salah satu Trip Organizer ( TO ) yang pasang iklan paket wisata ke 3 pulau ini : pulau cipir, onrust, dan kelor . Nama TO nya Z*na Wisata yang kebetulan nawarin paket wisata ke 3 pulau ini cuma dengan harga 75.000 sajah ( bayangin gak nyampe cepek choey ), udah gitu paket wisatanya udah termasuk makan siang. . Gak pake basa basi langsung saya tawarin beberapa temen saya dan kebanyakan tertarik dan ikut. 

Sebenernya sih agak kurang gereget aja kalo kita travelling pake Trip Organizer gini, soalnya kita gak bisa ngerencanain mau kemana aja dan sisi adventure nya bisa lebih greget kalo kata maddog :D. Kalau ikut open trip gini mau gak mau kita ngikutin itinerary atau jadwal acara tergantung sama yang buat acara dan itupun biasanya jadi agak terbatas. tapi keuntungannya sih kita gak perlu pusing pusing cukup ikutin aja dan nikmati perjalanan. apalagi ini cuma 75rb coyy..... :D

Jadi kita disuruh kumpul hari H ( hari minggu waktu itu ) di Tempat pelelangan ikan Muara Kamal, Jakarta utara. Wah sebenernya pertama saya agak asing juga sih sama tempat itu karena kebetulan belum pernah kesana. setelah browsing internet akhirnya ketemu juga sih rute tempat saya kesana.
Jadi jam setengah 7 pagi kita pake kopaja 88 slipi arah kalideres turun di perempatan lampu merah cengkareng. nah dari situ lanjut ke muara kamal pake mobil cary plat item. naga-naga nya sih ini mobil ilegal ( maksudnya bukan angkutan resmi ) tapi ini angkutan umum kok dan jumlahnya banyak, mereka siap ngangkut kita sampai ke tujuan akhir Muara kamal. tapi yang bikin kesel itu kita harus bersabar soalnya ngetemnya agak lama ( biasa laah stereotype angkot angkot di indonesia ) . tapi bisa diakalin sih bagi yang udah biasa, dengan jalan ampe depan sampe ketemu mobil yang penuh dan langsung jalan. oke akhirnya kita naek mobil itu setelah nunggu ngetem yang lumayan lama, perjalanan dari lampu merah cengkareng ke muara kamal gak sampe setengah jam waktu itu, dengan ongkos angkot 7 ribu dan sampailah di pelelangan ikan Muara Kamal. 

Begitu sampe di Muara Kamal. ikan, udang, kerang dan hasil laut lainnya bertebaran dimana mana ( hehe namanya juga pasar ikan ). dan bau amisnya amatlah sangat menyengat :|
Saya langsung hubungi yang bikin acara dan bergabunglah kita sama kelompok lainnya (total jumlah 25an orang ) kalo ga salah di balai pelelangan ikan yang banyak warung warung nya deket parkiran perahu :D

awalnya saya kira perahu yang akan kita tumpangi itu kapal pesiar yang mewah tapi ternyata JRENG-JRENG.......
Kapal siap ditumpangi :D

suasana sekitar tempat parkiran perahu dekat rumah rumah nelayan

Perjalanan dari muara kamal ke pulau pertama pualu kelor butuh waktu sekitar satu jam. tapi dijamin perjalanannya gak bakal bikin bosen karena sepanjang
perjalanan banyak kapal kapal melintas disekitar kita mulai dari kapal nelayan sampe kapal speed boat yang mewah. sepanjang perjalanan juga banyak banget bambu bambu bertebaran, kurang tau apakah itu alat buat jaring ikan atau alat untuk konservasi terumbu karang. tapi kayaknya sih jaring ikan meningat itu kawasan nelayan

1. Pulau Kelor
Setelah berlayar sekitar 1 jam pulau pertama yang kita singgahi yaitu Pulau Kelor. kesan pertama waktu sampe pulau ini. pulaunya kecil dan rame, mungkin karena semua penyelenggara trip jadiin pulau ini sebagai pulau pertama yang didatangi karena emang yang paling dekat dari Muara Kamal. jadi yang saya bisa lihat orang orang lagi berselfie ria dipulau mungil ini
Pulau nya kecil, indah dan yang menarik disini ada benteng peninggalan zaman belanda. struktur yang paling keliatan dari benteng ini sih dari bata merah yang disusun. benteng ini udah mulai mau hancur kayaknya soalnya tinggal sisa puingnya. 
pulau kelor dengan benteng belanda didalamnya

benteng di pulau kelor
narsis dikit
2. Pulau Cipir
Setelah sekitar satu jam mengeksplor pulau kelor, kami langsung nyebrang ke pulau selanjutnya yaitu pulau Cipir. karena letak pulaunya sebelahan, jadi dari kelor ke onrust cuma makan waktu sekitar 15 menitan. Kesan pertama pas nyampe, pulaunya lebih besar dari kelor, lebih rindang dan banyak bangunan bangunannya. yang mencolok sih pulau cipir punya pantai yang berpasir, pasirnya juga bagus makanya banyak yang main main pasir disana. termasuk saya. 





pasir putih
3. Pulau Onrust
Nah tujuan terakhir yaitu Pulau Onrust. menurut saya ini pulau yang paling besar dan rindang dari pada 2 pulau sebelumnya. banyak pohon pohon, bangunan bangunan bersejarah, gereja, makam, musium dan beberapa meriam khas belanda. dan konon katanya sih pulau ini dulu dipake buat karantina haji sebelum diberangkatkan ke tanah suci. 
banyak pepohonan
salah satu objek di museum

Akhirnya selesai juga tripnya. badan capek, kaki pegal tapi puas sama pengalamannya. akhirnya kita kembali lagi ke Muara kamal. sepanjang perjalanan kebanyakan peserta pada tidur diperahu termasuk saya, saking capeknya. semua pamitan dan berpencar pulang sesuai rute rumahnya masing masing. 

tapi sebelum pulang, temen keliling keliling pasar dulu buat beli kerang hijau soalnya disini harganya lebih murah. dan ternyata bener, sekeresek gede harganya gak sampe 20rb. 
Jadi buat yang dijabodetabek dan mau liburan ke kepulauan seribu dengan waktu yang terbatas dan biaya murah. mending coba kesini aja, di internet udah banyak banget kok open trip yang pasang iklan. 
itinerary perjalanan saya : 
06.00-07.30 = meeting point di Muara Kamal ( ngaret sih padahal kumpulnya jam 8an )
07.30-08.00 = perjalanan ke Pulau Kelor
08.00-10.00 = eksplorasi Pulau Kelor
10.00-11.00 = perjalanan menuju pulau Cipir
11.00-12.00 = eksplore pulua cipir
12.00-12.30 = perjalanan ke pulau onrust
12.30-15.00 = makan siang di pulau onrust dan ekplore Pulau onrust
15.00-16.00 = kembali ke Muara Kamal

* biaya yang saya keluarkan waktu daftar udah termasuk uang masuk retribusi ke setiap pulau jadi gak perlu bayar lagi. ( biaya retribusi 5rb setiap pulau )
* ongkos angkot dari cengkareng ke muara kamal 7rb via mobil cary plat item


suasana di perjalanan























Tidak ada komentar:

Posting Komentar